Doa untuk Masa Depan yang Lebih Cerah


 Berdoa | Istimewa

AKURAT.CO Setiap orang bercita-cita agar memiliki masa depan yang lebih cerah. Masa depan yang dapat memenuhi kebutuhannya secara lahir maupun batin.

Dilansir melalui Bincangsyariah, disebutkan oleh Ibnu Abi Al-Dunya dalam kitab Al-Ridha ‘Anillah Biqadhaih, dari Hafsh bin Umar, dia berkata:

نَظَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى رَجُلٍ سَيِّئِ الْهَيْئَةِ وقَالَ: مَا أَمْرُكَ؟ ومَا شَأْنُكَ؟، قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ يُهِمُّنِي مَا مَضَى مِنَ الدُّنْيَا إِذْ لَمْ أَصْنَعْ فِيهِ وَيُهِمُّنِي مَا بَقِيَ مِنْهَا كَيْفَ حَالِي؟ قَالَ: أنت مِنْ نَفْسِكِ فِي عَنَاءٍ قَالَ: ثُمَّ لَقِيَهُ بَعْدُ وَقَدْ حَسُنَتْ هَيْئَتُهُ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَتَانِي آتٍ فِي الْمَنَامِ فَوَضَعَ كَفَّهُ بَيْنَ كَتِفَيَّ حَتَّى وَجَدْتُ بَرْدَهَا عَلَى قَلْبِي ثُمَّ قَالَ: قُلِ: اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي نَفْسًا مُطْمَئِنَّةً تُوقِنُ بِوَعْدِكَ وَتُسَلِّمُ لِأَمْرِكَ وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ فَوَاللَّهِ مَا يُهِمُّنِي شَيْئًا مَضَى وَلَا بَقِيَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: فَقَدْ رَأَيْتَ خَيْرًا فَالْزَمْ

Artinya: "Rasulullah Saw melihat seseorang yang keadaannya memprihatinkan, lalu beliau bertanya; Apa masalahmu? Dia menjawab; Wahai Rasulullah, perkara yang telah berlalu selalu membuat aku risau jika aku tidak melakukannya, dan juga membuat aku risau sesuatu yang belum aku lakukan, bagaimana keadaanku ini? Rasulullah menjawab; Kamu dibuat payah oleh dirimu sendiri. Hafsh bin Umar berkata; Kemudian setelah itu, Rasulullah Saw bertemu lagi dan dia dalam keadaan gembira.

Lalu dia berkata; Wahai Rasulullah Saw tadi malam aku bermimpi bertemu seseorang, ia meletakkan tangannya di pundaknya sampai aku merasakan getaran dinginnya di hatiku, kemudian dia berkata; Ucapkanlah ‘Allohummarzuqnii nafsan muthmainnah tuuqina bi wa’dika wa tusallimu li amrika wa tardho bi qodhoo-ika’, maka demi Allah, perkara yang telah berlalu dan akan datang tidak membuat aku risau. Lalu Rasulullah Saw berkata; Sungguh kamu telah melihat kebaikan, maka teruskan."

Melalui hadis di atas, doa yang dimaksud untuk masa depan yang lebih cerah adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي نَفْسًا مُطْمَئِنَّةً تُوقِنُ بِوَعْدِكَ وَتُسَلِّمُ لِأَمْرِكَ وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ

Allohummarzuqnii nafsan muthmainnah tuuqina bi wa’dika wa tusallimu li amrika wa tardho bi qodhoo-ika.

Artinya: "Ya Allah, berilah aku rizeki jiwa yang tenang, yang yakin terhadap janji-Mu, pasrah terhadap keputusan-Mu, dan ridha terhadap takdir-Mu." Wallahu A'lam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel